Minggu, 18 Januari 2015

Pengertian Blog dan Manfaatnya

Assakamualaikum wr. wb. Halo readers, kali ini saya akan berbagi informasi tentang apa itu Blog dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin banyak diantara readers yang belum paham betul tentang apa itu Blog sekaligus manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari kita. Jadi, mari kita mulai membahas sedikit tentang apa itu Blog.




Pengertian Blog - adalah aplikasi social networking yang mengedepankan komunikasi/interface antara penulis/writer dan pembaca/reader. Blog merupakan sebuah website yang terdiri dari post-post Blog atau konten yang di tulis oleh blogger (seorang penulis Blog). Blog diciptakan bagi mereka yang ingin mengeluarkan isi pemikiran mereka dengan menjadi blogger dan memposting ide dan pikirannya di dalam Blog miliknya. 
Blogger dapat secara bebas membuat artikel dalam blognya. Beberapa di antaranya menulis tentang pendidikan, pemerintahan, kesehatan, informasi, hiburan, tutorial, musik, film, humor, dan lain sebagainya asalkan tidak menyimpang dari norma dan hukum yang berlaku.
Jadi dari semua itu dapat di simpulkan bahwa blog adalah alat, teknik, maupun cara yang multifungsi, yang berguna baik bagi writer maupun reader.

Manfaat dan keuntungan blog antara lain:
  1. Blog dapat digunakan sebagai media bertukar ide, hasil pemikiran, informasi, berita, dsb. dari seorang writer kepada reader.
  2. Blog dapat digunakan sebagai marketing tool dalam menjalankan sebuah bisnis dimana semua orang akan dapat membacanya.
  3. Blog dapat digunakan sebagai media penyalur bakat, krativitas dan hasil inovasi kita ke banyak orang.
  4. Blog juga memungkinkan blogger berinteraksi dengan banyak orang di dalam dunia internet. Antara pembaca dan penulis blog dapat terjalin hubungan via dunia blog, jadi pembaca dapat mengetahui maksud dari penulis tentang postingan blognya, dan penulis dapat mengetahui keinginan dari para pengunjung blognya. Sehingga antara penulis dan pembaca dapat meningkatkan skill tertentu dengan saling bertukar komentar lewat blog.
  5. Bagi sebuah perusahaan atau corporate blog dapat di manfaatkan sebagai sebuah alat pemesanan bagi para pelanggan perusahaan tersebut, dan lewat blog pula para pelanggan atau pembeli dapat memesan sebuah jasa atau barang, dan para pembeli juga dapat mengetahui apakah pesanan mereka sudah terlaksana atau tertunda.
  6. Lewat blog seorang yang merasa mempunyai potensi dalam bidang tertentu dapat meningkatkan skillnya. Contoh seorang pemain gitar ingin mengetahui cara untuk menciptakan nada-nada yang menarik dan fleksible ketika di dengar oleh penikmat musik. Dengan membuka situs blog orang tersebut dapat dengan mudah mencari informasi dan artikel tentang keinginannya dalam meningkatkan skill menggitarnya.

Nah readers, mungkin sedikit ini yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian Blog dan Manfaatnya, semoga bisa bermanfaat bagi readers sekalian, kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamualaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar